Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unik, Peserta Lari Lintas Alam Merapi Merbabu De Trail Tahun 2024 Lari Sambil Pungut Sampah di Jalur Pendakian Merbabu

  

Boyolali – Kegiatan perlombaan lari lintas alam “Merapi Merbabu De Trail Tahun 2024” berlangsung Sukses, Event kegiatan dengan start dan finish di Basecamp Merbabu, Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, berlangsung pada Minggu (04/08/2024), mulai pukul 00.15 hingga 15.00 WIB.

Perlombaan ini menampilkan tiga kategori jarak, yaitu:

Kategori 5 Km: Rute dari Basecamp Merbabu ke pos 3 Gunung Merbabu dan kembali ke Basecamp Merbabu, diikuti oleh 110 peserta.

Kategori 10 Km: Rute dari Basecamp Merbabu ke Puncak Merbabu dan kembali ke Basecamp Merbabu, diikuti oleh 210 peserta.

Kategori 20 Km: Rute dari Basecamp Merbabu ke Puncak Merbabu, kemudian ke Basecamp Suwanting di Magelang, kembali ke Puncak Merbabu, dan finish di Basecamp Merbabu, diikuti oleh 180 peserta.

Kegiatan ini diikuti lk. 500 Peserta yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara, mereka berkompetisi memperebutkan total hadiah jutaan rupiah serta golden ticket untuk event lari lintas alam nasional.

Perlombaan yang diinisiasi oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu ini berjalan sukses dengan dukungan dari beberapa sponsor. Acara ini bertujuan memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2024 dan merupakan kegiatan pertama di Boyolali yang diharapkan menjadi event nasional di tahun-tahun mendatang.

Ada yang unik dalam perlombaan kali ini. Salah satu peserta, Iptu Agung Muryo Atmojo dari Polres Boyolali, tidak hanya berlari tetapi juga memungut sampah di jalur pendakian Merbabu. Saat dikonfirmasi setelah kegiatan Iptu Agung, mengakui bahwa dirinya memang sengaja melakukannya karena cinta akan kelestarian alam, walaupun tidak mendapatkan juara akan tetapi beliau merasa senang dapat mengikuti event ini.


Kasihumas Polres Boyolali AKP Arif Mudi Prihanto memberikan apresiasi atas partisipasi dalam event Nasional, langkah Iptu Agung juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. 

"Tindakan Iptu Agung merupakan contoh yang patut ditiru. Kepedulian terhadap lingkungan harus menjadi bagian dari setiap kegiatan kita, termasuk olahraga," ujarnya. 

"Semoga langkah ini bisa menginspirasi peserta lain untuk lebih peduli terhadap alam sekitar."

Dengan semangat menjaga kelestarian alam, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang olahraga tetapi juga sarana edukasi lingkungan bagi para peserta dan masyarakat luas.